HOTLINE

085293979048

: saifudinmadugo@yahoo.com 085293979048 Desa Kedungpuji, Rt. 03 Rw. 02 Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54451
Saifudin Komputer – 0852-9397-9048
SHARE :

4 Jenis Motherboard yang Populer di Pasaran

19
03/2021
Kategori : Artikel Komputer / Hardware / Kursus Komputer
Komentar : 0 komentar
Author : administrator


4 Jenis Motherboard yang Populer di Pasaran

Oleh Kurniawan Saputro, 17 Maret 2021

Jika pada artikel sebelumnya kita membahasa tentang komponen-komponen dalam motherboard, pada artikel ini kita akan membahas jenis-jenisnya.

Jika kita mencari motherboard di toko komputer atau marketplace online, kita akan menemui motherboard dengan Form Factor ATX, Micro-ATX, Mini-ITX, dan E-ATX. Keempat jenis tersebut adalah yang populer saat ini.

Perbedaaan mencolok dari keempat form faktor tersebut adalah pada ukurannya. Berikut telah saya rangkum penjelasan mengenai keempat jenis motherboard tersebut.

Jenis Motherboard yang Populer di Pasaran

Di bawah ini adalah 4 jenis atau form faktor motherboard yang banyak dijumpai di pasaran.

1. Motherboard ATX

ATX Motherboard

Ini adalah motherboard jenis ATX atau Advanced Technology eXtended. Motherboard ini adalah pengembangan dari jenis sebelumnya yaitu AT atau Advanced Technology. Motherboard ini telah mengalami banyak peningkatan dari jenis sebelumnya AT.

Ukuran motherboard ini adalah 12 x 9,6 inch atau 30,5 x 24,4 cm. Form factor ATX ini (panjang 305 mm dan lebar 244 mm) adalah yang paling populer karena memiliki fitur yang lengkap yang dapat memenuhi hampir setiap kebutuhan, baik itu untuk gaming, editing, atau produktifitas lainnya.

2. Motherboard Micro-ATX

Micro-ATX Motherboard

Motherboard micro-ATX adalah jenis ATX yang memiliki dimensi lebih kecil, yaitu berukuran 9,6 x 9,6 inci atau 24,4 x 24,4 cm. Tetapi ada juga produsen yang membuat motherboard micro ATX berukuran lebih kecil yaitu 9,6 x 8,1 inci atau 24,4 x 20,6 cm.

Motherboard Micro-ATX memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan motherboard ATX, termasuk bentuk yang lebih kecil dan kompak serta harga yang lebih terjangkau. Tersedia pula varian motherboard Micro-ATX yang lebih tinggi dengan fitur-fitur yang lebih unggul.

Kelebihan motherboard jenis ini jika dibandingkan dengan motherboard ATX adalah harganya yang lebih murah karena ukurannya yang lebih kecil. Terdapat juga motherboard Micro-ATX dengan varian lebih tinggi dengan fitur yang lebih unggul.

Motherboard jenis ini hanya memiliki jumlah slot ekspansi maksimal empat, tidak seperti jenis ATX yang bisa mencapai tujuh slot ekspansi. Jumlah slot juga dapat bergantung pada dimensi motherboardnya, semakin besar maka semakin banyak slot ekspansi.

3. Motherboard Mini ITX

Motherboard Mini ITX

* sumber: www.avadirect.com

Seperti namanya, Mini ITX adalah jenis motherboard yang memiliki ukuran yang mini yaitu hanya berdimensi 6,7 x 6,7 inci atau 17 x 17 cm. Meskipun ukurannya mini, motherboard ini mampu menyediakan semua fitur dasar dalam motherboard.

Dengan menggunakan motherboard ini kita tidak memerlukan ruang yang besar, karna ukurannnya yang kecil sehingga kita dapat menghemat ruang. Selain itu, motherboard mini ITX juga memiliki sistem pendingin tanpa kipas yang memungkinkan konsumsi daya lebih sedikit. Karna dimensinya yang terkecil, jadi Anda tidak perlu bingun dalam memilih casing untuk PC Anda, karna motherboard mini ITX dapat masuk disemua casing.

4. Motherboard E-ATX

Motherboard E-ATX Asus ROG

* sumber: www.avadirect.com

Motherboard E-ATX adalah motherboard yang terbesar diantara motherboard yang kita telah bahas sebelumnya, yaitu berukuran 12 x 10,9 inch atau 30,5 x 27,7 cm. Ukurannya lebih besar karena motherboard ini menyediakan slot RAM DIMM yang lebih banyak, sehingga dapat mendukung lebih banyak memori.

Motherboard E-ATx sangat bagus digunakan untuk tugas-tugas yang berat, seperti bermain game, atau rendering vidio. Soket prosesor motherboard ini jauh lebih kuat sehingga memiliki kemampuan yang jauh lebih hebat dibanding motherboard jenis lainnya.

Motherboard ini memiliki beberapa fitur unggulan yaitu memiliki banyak slot PCI-E x16 sebanyak 4 slot atau lebih, memiliki 8x slot DIMM untuk memori RAM, support 3 hingga 4 kartu grafis, mendukung kapasitas instalasi RAM hingga 128 GB, terdapat wifi dan kartu suara onboard atau bawaan, dan masih banyak lagi.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh motherboard E-ATX adalah memiliki banyak slot PCI-Ex 16 (empat atau lebih), memiliki 8x slot DIMM untuk RAM, mampu mendukung 3 hingga 4 kartu grafis, mendukung instalasi RAM hingga 128 GB, memiliki wifi bawaan, kartu suara, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Anda memiliki masalah dengan laptop atau komputer Anda? Solusi terbaik adalah dengan menghubungi kami dan menyerahkan masalah Anda kepada kami.

Berita Lainnya

17
03/2022
Features of a Firestick VPN
Author : administrator
17
03/2022
Avast Free Anti-virus Review
Author : administrator
17
03/2022
17
03/2022
SARS-CoV-2 and COVID-19
Author : administrator
17
03/2022


Tinggalkan Komentar