HOTLINE

085293979048

: saifudinmadugo@yahoo.com 085293979048 Desa Kedungpuji, Rt. 03 Rw. 02 Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54451
Saifudin Komputer – 0852-9397-9048
SHARE :

Cara Screenshot dan Menyimpannya di Laptop atau PC

22
03/2021
Kategori : Artikel Komputer
Komentar : 0 komentar
Author : administrator


Cara Screenshot dan Menyimpannya di Laptop atau PC

Tangkapan layar dilakukan untuk menangkap layar dengan mudah lalu disimpan pada perangkat. Mengambil layar di laptop atau komputer dapat dilakukan dengan tombol keyboard, aplikasi bawaan, ataupun aplikasi terpisah.

Cara Screenshot di Laptop dan PC

Dengan Tombol Print Screen (PrtScn)

Tekan tombol Print Screen (PrtScn) pada keyboard. Tangkapan layar tidak akan disimpan sebagai berkas, tetapi akan disalin ke clipboard.

Oleh karena itu, kamu harus membuka aplikasi pengeditan gambar seperti Microsoft Word atau Paint, dan salin screenshot yang baru diambil ke aplikasi tersebut, untuk menyimpannya ke file akan dijelaskan dibawah.

Menggunakan Tombol Alt + Prtscn

Untuk screenshot dari Windows aktif, gunakan pintasan keyboard Alt + PrtScn.

Ini akan menangkap Windows kamu yang sedang aktif dan menyalin tangkapan layar ke clipboard. Kamu harus membuka aplikasi di editor gambar seperti diatas untuk menyimpannya.

Menggunakan Tombol Windows Key + Prtscn

Tekan tombol Windows key + tombol Prtscn.

Layar kamu akan meredup sebentar untuk menunjukkan bahwa kamu baru saja mengambil tangkapan layar, dan hasilnya akan disimpan ke folder gambar => tangkapan layar.

Menggunakan Snipping Tool

Aplikasi ini dapat mengambil screenshot dengan format yang lebih fleksibel seperti persegi panjang.

Cara menggunakannya cukup buka aplikasi bawaan Windows, yakni Snipping Tool. Setelah terbuka, klik tombol new untuk memulai proses screenshot.

Jenis snip default adalah snip persegi panjang, tetapi kamu juga dapat mengambil snip dalam format bebas lainnya.

Snipping tool tidak secara otomatis menyimpan tangkapan layar, kamu harus menyimpannya secara manual di aplikasi tersebut sebelum kamu keluar. Jika sudah, aplikasi ini secara otomatis akan menyalin tangkapan layar kamu ke clipboard.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga – LightShot

Jika kamu menginginkan lebih banyak opsi untuk memilih dan menyesuaikan tangkapan layar kamu bisa mengunduh aplikasi LightShot.

LightShot mungkin merupakan opsi yang lebih baik untuk pekerjaan yang lebih profesional atau tangkapan layar yang membutuhkan pengeditan signifikan.

Cara Menyimpan Gambar dari Word

Cara menyimpannya dari program aatu aplikasi word dapat dilakukan dengan klik kanan dan pilih save picture, tetapi jika gambarnya berjumlah banyak, maka gunakan cara dibawah ini :

 

Menyimpan sebagai Dokumen

  1. Buka dokumen Word yang berisi gambar yang ingin disimpan.
  2. Pilih Save As.
  3. Tentukan lokasi atau folder penyimpanan. Bila perlu, beri nama baru untuk dokumen ini.
  4. Selanjutnya, di bagian Save as type, pilih Web Page (*.htm; *.html).
  5. Klik Save. Selesai.
  6. Sekarang buka Windows Explorerdan cari lokasi penyimpanan dokumen web yang barusan dibuat. Di lokasi tersebut ada 2 icon dengan nama yang sama.
    Satu adalah file htm dan yang satu lagi adalah folder yang berisi semua gambar yang berasal dari dokumen Word.

 

Menyimpan sebagai ZIP

Untuk menggunakan cara ini, dokumen Word harus memiliki ekstensi docx (format Word 2007 ke atas). Bila dokumen Word yang Anda miliki masih berupa doc, maka ubah dulu ke docx. Buka dokumen tersebut dan pilih Save As.

  1. Buka folder di Windows Explorer yang berisi dokumen Word. Kita akan menggunakan versi salinannya untuk diubah ke dokumen ZIP. Salin dokumen Word (CTRL + C) tersebut dan tempatkan (CTRL + V) di folder ini atau folder lain yang Anda inginkan.
  2. Klik kanan file tersebut dan pilih Rename. Ubah ekstensi dokumen dari docx menjadi zip.
  1. Akan ada peringatan file mungkin tidak bisa digunakan bila extension-nya diubah. Lanjutkan saja dengan menekan tombol YES.
  2. Sekarang tampilan icon dokumen sudah berubah. Ekstrak atau unzip file tersebut.
  3. Pada folder hasil unzip, cari folder dengan nama Word. Di dalamnya akan ada folder dengan nama Media yang berisi semua file gambar.

 

Karena cara ini memang sama dengan Rename nama file, dimana kita bisa merubah nama beberapa dokumen sekaligus. Jadi ekstensi dokumen harus diubah satu per satu ke zip. Resolusi (panjang dan lebar) gambar sama, tidak ada perbedaan. Sedangkan kalau menggunakan cara Save as Picture, resolusinya juga sama tetapi ukuran file gambar sedikit lebih besar.

Itulah cara menangkap layar pada laptop atau PC, juga cara menyimpannya pada file. Selamat mencoba…

 

 

 

 

 

 

 

Jika Anda membutuhkan jasa servis dan perawatan komputer atau laptop, disinilah tempatnya. Menyediakan jasa maintenance komputer, laptop, printer dan bukan hanya itu ada juga jual beli laptop dan perangkat komputer lainnya.

 

– Solusi Tepat Masalah IT Anda –

 

informasi lebih lanjut hubungi kami di:

call Center: wa.me/628529397904

Ikuti kami:

 

Youtube

 

FaceBook

 

Instagram

 

Situs web

 

Konsultasi WA

Berita Lainnya

17
03/2022
Features of a Firestick VPN
Author : administrator
17
03/2022
Avast Free Anti-virus Review
Author : administrator
17
03/2022
17
03/2022
SARS-CoV-2 and COVID-19
Author : administrator
17
03/2022


Tinggalkan Komentar