HOTLINE

085293979048

: saifudinmadugo@yahoo.com 085293979048 Desa Kedungpuji, Rt. 03 Rw. 02 Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54451
Saifudin Komputer – 0852-9397-9048
SHARE :

Jenis Koneksi Internet Tanpa Kabel

8
04/2021
Kategori : Windows
Komentar : 0 komentar
Author : administrator


Jenis Koneksi Internet Tanpa Kabel

Kini Internet sudah menjadi kebutuhan yang penting dalam kehidupan, bahkan seperti kebutuhan primer. Di jaman sekarang jika tidak ada internet, itu seperti sulit melakukan pekerjaan apapun itu. Koneksi internet pun menjadi pengaruhnya, kecepatan koneksi internet dibutuhkan agar dalam melakukan pekerjaan tersebut menjadi lebih cepat. Disini kita akan membahas Jenis Koneksi Internet yang tidak menggunakan kabel karena akan lebih mudah dan tidak ribet dengan kabel-kabel.

 

 

 

 

Tipe Koneksi ke Internet Tanpa kabel (wireless):

 

 

 

1. GPRS (Kecepatan Akses Internet-GPRS)

 

 

GPRS adalah kepanjangan dari General Packet Radio Service yaitu komunikasi data dan suara yang dilakukan dengan menggunakan gelombang radio. GPRS memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan data dan suara pada saat alat komunikasi bergerak (mobile).

 

 

Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), dan penelusuran (browsing) Internet. Layanan GPRS dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan IS-136, walaupun jaringan GPRS saat ini terpisah dari GSM.

 

 

Dalam teorinya GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, sehingga memungkinkan akses internet, pengiriman data multimedia ke komputer, notebook dan handheld computer. Namun dalam implementasinya, hal tersebut sangat tergantung faktor-faktor sebagai berikut:

 

· Konfigurasi dan alokasi time slot pada level BTS.

· Software yang dipergunakan

· Dukungan fitur dan aplikasi ponsel yang digunakan.

 

Ini menjelaskan mengapa pada saat-saat tertentu dan di lokasi tertentu akses GPRS terasa lambat, bahkan lebih lambat dari akses CSD yang memiliki kecepatan 9,6 kbps.

 

 

2. 3G (Kecepatan Akses Internet-3G)

 

3G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: third-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless).

 

 

3G sebagai sebuah solusi nirkabel yang bisa memberikan kecepatan akses:

 

· Sebesar 144 Kbps untuk kondisi bergerak cepat (mobile).

· Sebesar 384 Kbps untuk kondisi berjalan (pedestrian).

· Sebesar 2 Mbps untuk kondisi statik di suatu tempat.

 

 

Jaringan 3G bukan merupakan upgrade dari 2G; operator 2G yang berafiliasi dengan 3GPP perlu mengganti banyak komponen untuk bisa memberikan layanan 3G. Sedangkan operator 2G yang berafiliasi dengan teknologi 3GPP2 lebih mudah dalam upgrade ke 3G karena berbagai network element nya sudah didesain untuk ke arah layanan nirkabel pita lebar (broadband wireless). Jaringan Telepon Telekomunikasi selular telah meningkat menuju penggunaan layanan 3G dari 1999 hingga 2010. Jepang adalah negara pertama yang memperkenalkan 3G secara nasional dan transisi menuju 3G di Jepang sudah dicapai pada tahun 2006. Setelah itu Korea menjadi pengadopsi jaringan 3G pertama dan transisi telah dicapai pada awal tahun 2004, memimpin dunia dalam bidang telekomunikasi.

 

 

 

3. Wifi (Kecepatan Akses Internet-WiFi)

 

Wirelless Fidelity (WiFi )merupakan teknologi jaringan tanpa kabel menggunakan frekuensi tinggi berada pada spektrum 2,4 GHz. Wi-Fi memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.

 

 

 

Wi-Fi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, Wi-Fi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan. Karena itu banyak orang mengasosiasikan Wi-Fi dengan “Kebebasan” karena teknologi Wi-Fi memberikan kebebasan kepada pemakainya untuk mengakses internet atau mentransfer data dari ruang meeting, kamar hotel, kampus, dan cafe-cafe yang bertanda “Wi-Fi Hot Spot”. Juga salah satu kelebihan dari Wi-Fi adalah kepraktisan, tidak perlu repot memasang kabel network. Untuk masalah kecepatan tergantung sinyal yang diperoleh.

 

 

 

4. Akses Satelit

 

Akses Internet via Satelit adalah sebuah layangan Internet yang menggunakan antena parabola yang dapat menyediakan akses download hingga 400 kilobits per detik (400 kbps).

 

 

Koneksi Satelite VSAT merupakan koneksi yang cukup cepat namun termahal. Koneksi ini kita harus menggunakan sebuah parabola khusus untuk menangkap signal satelit. Kecepatan dari 64Mb hingga 2Mb (berlaku hanya di Indonesia), di international lebih dari 2Mb. Biaya fix rate bulanan by speed for unlimited use. Lokasi ditentukan oleh ISP yang menyediakan fasilitas ini.

 

 

 

 

 

Seperti itulah jenisnya, semua tergantung dengan signal yang diperoleh. Dan pilihlah sesuai dengan kebutuhan anda, jangan sampai salah pilih😉

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

– Solusi Tepat Masalah IT Anda –

 

 

 

 

 

 

 

 

informasi lebih lanjut hubungi kami di:

 

Call Center: wa.me/628529397904

 

Ikuti kami:

 

 

Youtube

 

 

 

 

FaceBook

 

 

 

 

Instagram

 

 

 

 

 

Situs web

 

 

 

 

 

Konsultasi WA

Berita Lainnya

17
03/2022
Features of a Firestick VPN
Author : administrator
17
03/2022
Avast Free Anti-virus Review
Author : administrator
17
03/2022
17
03/2022
SARS-CoV-2 and COVID-19
Author : administrator
17
03/2022


Tinggalkan Komentar