HOTLINE

085293979048

: saifudinmadugo@yahoo.com 085293979048 Desa Kedungpuji, Rt. 03 Rw. 02 Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54451
Saifudin Komputer – 0852-9397-9048
SHARE :

Keunggulan SSD (Solid State Drive) : Cepat dan Hemat Daya

6
01/2022
Kategori : Artikel Komputer / Hardware
Komentar : 0 komentar
Author : administrator


Keunggulan SSD (Solid State Drive) : Cepat dan Hemat Daya

Keunggulan SSD – Pada Artikel ini saya akan berbicara tentang Teknologi Komputer khususnya teknologi penyimpanan data yaitu SSD atau Solid State Drive. SSD merupakah sebuah media penyimpanan seperti Hardisk yang menggunakan Chip Memori yang super cepat untuk media penyimpanannya.

Saat ini harga Storage Drive Solid State Drive (SSD) semakin terjangkau sehingga laptop-laptop lama yang pakai Hardisk kini sudah banyak yang ganti SSD. SSD berhasil menggantikan Hard Disk Drive (HDD) sebagai Media Pinyimpanan Data.

Padahal awalnya SSD menjadi media penyimpanan untuk laptop yang mahal, karena harganya yang sangat mahal. Tapi sekarang, laptop 5 Jutaan (Baru) pun sudah menggunakan SSD.

Seperti HDD, SSD juga berfungsi sebagai penyimpanan data. Yang menjadi bedanya, SSD tidak menyimpan data dalam Piringan (disket) magnetik, melainkan pada chip memori flash. SSD hadir menjadi pembawa napas baru dalam penyimpanan data dalam komputer dan chip memori SSD mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dan kapasitas yang lebih besar jika dibanding Media Penyimpanan sejenisnya yang menggunakan Chip, yaitu Flash Drive (Lebih dikenal Flashdisk).

 

Keunggulan SSD dibanding Hardisk

SSD tentu memiliki keunggulan dibanding Hardisk. Diantaranya desainnya yang lebih ramping dan lebih ringan, dan juga getaran sehingga tidak mudah rusak, serta kecepatan memindahkan data yang sangat tinggi.

SSD juga memiliki keunggulan dalam hal konsumsi daya. SSD menyedot daya lebih rendah menjadikan Baterai Laptop akan tahan lama.

Seorang Consumer Retail Enablement Manager AMD Indonesia, Donnie Brahmandika, menyatakan beberapa kelebihan dari teknologi Penyimanan SSD.

Donnie Brahmandika mengatakan bahwa SSD tidak memiliki piringan (disket) seperti halnya hardisk sehingga SSD tidak berisik. Jadi karena SSD tidak punya komponen piringan yang berputar didalamnya, membuat SSD tidak akan mengeluarkan suara saat dihidupkan atau saat dibawa atau digoyangkan dalam kondisi mati.

Keunggulan kedua yang diungkapkan Donnie, SSD lebih hemat daya karena konsumsi listrik yang lebih rendah dibandingkan hardisk pada umumnya. Beliau menambahkan pernyataannya, keunggulan yang paling dapat dirasakan pengguna adalah kecepatannya. SSD lebih cepat merespon perintah processor dibanding hardisk pada umumnya.

Menurut artikel 5 Manfaat SSD dari One Tekno, kecepatan SSD bisa mencapai puluhan hingga ratusan kali lebih cepat daripada hardisk.

SSD memiliki dua jenis BUS interface yang berpengaruh pada kecepatan.

  • SSD SATA: BUS Interface SATA kecepatannya up to 600MB/s. Ini 10-15 kali lebih cepat daripada HDD. HDD hanya dapat mencapai kecepatan up to 50-120 MB/s.
  • SSD NVMe: Teknologi NVMe menggunakan bus PCI express atau PCIe sehingga bandwith lebih besar. PCIe terbaru versi 4.0 dengan 32 jalur dan menurut teori bisa memiliki kecepatan hingga 64GB/s dibandingkan dengan SATA III yang hanya dapat mencapai angka 600MB/s.

Dengan kelebihan yang SSD miliki, saya menyarankan jika punya dana lebih segerakan upgrade HDD ke SSD dan dahulukan upgrade hardisk laptopnya dengan SSD dibandingkan menambah kapasitas RAM terlebih dahulu.

 

Berita Lainnya

17
03/2022
Features of a Firestick VPN
Author : administrator
17
03/2022
Avast Free Anti-virus Review
Author : administrator
17
03/2022
17
03/2022
SARS-CoV-2 and COVID-19
Author : administrator
17
03/2022


Tinggalkan Komentar