HOTLINE

085293979048

: saifudinmadugo@yahoo.com 085293979048 Desa Kedungpuji, Rt. 03 Rw. 02 Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54451
Saifudin Komputer – 0852-9397-9048
SHARE :

Mengenal Komponen-Komponen dalam Motherboard Komputer

8
03/2021
Kategori : Artikel Komputer / Hardware / Kursus Komputer
Komentar : 0 komentar
Author : administrator


Mengenal Komponen-Komponen dalam Motherboard Komputer

Oleh Kurniawan Saputro, 4 Februari 2021

Motherboard adalah komponen penting dalam sebuah komputer untuk menghubungkan komponen satu dengan lainnya agar dapat bekerja sama menjalankan suatu proses tertentu.

Motherboard adalah sebuah PCB ( Printed Circuit Board) yang memiliki komponen-komponen penyusun di dalamnya. Terdapat beberapa komponen penyusun sebuah motherboard, seperti slot ekspansi, slot RAM, soket CPU, BIOS, konektor daya, dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa komponen penting dalam sebuah motherboard.

Socket CPU

Socket CPU adalah tempat memasang CPU / Prosesor pada motherboard. Socket CPU memiliki berbagai macam tipe, maka dari itu jika hendak merakit sebuah PC harus memperhatikan tipenya. Karena masing masing CPU memiliki tipe socketnya masing-masing.

Soket prosesor menggunakan Pin Grid Array (PGA) di mana pin di bagian bawah prosesor terhubung ke lubang di soket prosesor.

Slot RAM

Ini adalah tempat memasukkan RAM. Jumlah slotnya berbeda-beda pada setiap motherboard. Semakin besar kapasitas RAM, maka semakin banyak jendela tugas yang dapat dibuka atau  multitasking yang lebih banyak.

Dalam sebuah motherboard bisa terdapat setidaknya 2 slot memori RAM. Banyaknya jumlah slot memori RAM pada motherboard bergantung pada tipe motherboard itu sendiri.

SATA port 

Port SATA (Serial Advanced Technology Attachment) adalah port untuk menghubungkan motherboard dengan media penyimpanan seperti hard disk dan ssd menggunakan kabel SATA.

Slot Ekspansi

Adalah soket yang digunakan untuk memasukkan kartu ekspansi (atau papan sirkuit), yang menyediakan fitur tambahan ke komputer seperti video, suara, grafik canggih, dan lain-lain.

BIOS (Basic Input Output System)

BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System. BIOS adalah program komputer yang digunakan untuk mengatur perangkat input dan output pada komputer. Program BIOS disimpan dalam memori berupa chip yaitu ROM.

Baterai CMOS

Baterai yang digunakan BIOS agar tetap aktif meskipun tidak teraliri listrik. Hal ini bertujuan agar waktu, tanggal, hard disk, dan pengaturan konfigurasi lainnya dalam memori CMOS tidak hilang dan kembali ke pengaturan awal. Baterai CMOS berukuran kecil dan terpasang langsung ke motherboard.

Konektor Daya Motherboard

Konektor SATA atau Serial Advanced Technology Attachmentsteker satu ujung ke sebuah port pada motherboard, biasanya berlabel SATA, dan yang lainnya (seperti yang berujung miring) ke bagian belakang perangkat penyimpanan seperti hard drive SATA.

Demikian sedikit yang dapat saya sampaikan, semoga bisa menambah pengetahuan Anda tentang komputer.

 

Anda memiliki masalah dengan laptop atau komputer Anda? Solusi terbaik adalah dengan menghubungi kami dan menyerahkan masalah Anda kepada kami.

Berita Lainnya

17
03/2022
Features of a Firestick VPN
Author : administrator
17
03/2022
Avast Free Anti-virus Review
Author : administrator
17
03/2022
17
03/2022
SARS-CoV-2 and COVID-19
Author : administrator
17
03/2022


Tinggalkan Komentar