HOTLINE

085293979048

: saifudinmadugo@yahoo.com 085293979048 Desa Kedungpuji, Rt. 03 Rw. 02 Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54451
Saifudin Komputer – 0852-9397-9048
SHARE :

Mengenal Menu-Menu dan Tombol di MS Word

13
06/2022
Kategori : Artikel Komputer / Belajar Ms Word
Komentar : 0 komentar
Author : administrator


Mengenal Menu-Menu dan Tombol di MS Word

Gambar Tampilan Ms Word dan Nama Menu

1. Quick Access Toolbar

Toolbar ini berada di pojok kiri atas jendela. Memiliki 3 tombol yang berbentuk icon yaitu tombol SaveUndo & Redo dan Customize Quick Access Toolbar.

Fungsi dari masing-masing tombol :

  • Save : Menyimpan perubahan dalam document.
  • Undo : Membatalkan Perubahan.
  • Redo : Mengembalikan pembatalan. Untuk lebih jelas bagaimana cara kerja keduanya, silaka praktikkan langsung di Ms Word, dan lihat apa yang terjadi.
  • Customize Quick Access Toolbar : Mengkustomisasi apa saja yang akan ditampilkan di Toolbar ini.

 

2. Title Bar

Title artinya judul. Jadi title bar ini adalah tempat ditampilkannya judul halaman atau nama dokumen yang sedang di buka.

Selain itu, bagian title bar juga bisa digunakan untuk memindah atau menggeser jendela Word. Caranya yaitu dengan klik dan tahan kemudian geser dan lepaskan.

 

3. Close Button, Maximize and Minimize Button

Ketiga tombol ini berada di pojok kanan atas. Berikut masing-masing fungsinya.

  • Tombol Close berfungsi untuk menutup jendela ms word
  • Tombol Maximize : Menampilkan jendela full layar. Klik sekali lagi untuk kembali ke tampilan semula.
  • Tombol Minimize : Menyembunyikan jendela. Anda bisa membukanya lagi melalui taskbar.

 

4. Ribbon

Ribbon adalah kumpulan menu-menu yang memiliki tombol-tombol perintah di MS Word yang dikelompokkan berdasarkan kelompok fungsinya. Fungsi ribbon adalah mengelompokkan fitur-fitur MS Word yang kemudian ditampilkan secara teratur agar mudah diakses.

 

Di dalam ribbon terdapat bagian lain yaitu:

  • Tab = Terdapat tab Home, Insert, Design, Layout, References, Mailings, Review, View dan Help. Ditampilkan secara mendatar di bawah title bar, berfungsi untuk mengelompokkan menu berdasarkan kegunaannya.
  • Grup = Grup ini merupakan pengelompokan sejumlah opsi atau perintah di setiap tab yang ada di bawah Ribbon. Misalnya dalam tab Home, terdapat grup Font untuk mengatur font, Paragraf untuk mengatur paragraf, dan sebagainya.
  • Tombol pembuka dialog box. Lihat gambar di bawah ini.

Jika Tombol tersebut di klik maka akan muncul dialog box berisi perintah-perintah lain.

 

5. Ruler (Penggaris)

Ruler terletah di bawah ribbon. Ruler berfungsi untuk mengatur tata letak halaman baik itu teks ataupun objek seperti gabar tabel dll. Dengan fitur ini kita bisa dengan mudah mengatur batas halaman, tabulasi, jarak teks dengan tepi halaman maupun dengan objek lainnya.

 

6. Worksheet (Lembar Kerja)

Saat kita membuka Word, akan muncul tampilan seperti kertas kosong, itulah worksheet atau lemmbar kerja. Disitu tempat kita mengetik, memasukkan gambar, tabel, dan lainnya.

 

7. Kursor

Kursor yaitu garis tegak yang berkedip-kedip. Pada awal membuka dokumen, kursor letaknya berada pada kiri atas worksheet. Kursor berfungsi untuk menunjukkan posisi pengetikan. Jadi saat mengetikkan sesuatu, maka teks akan keluar di lokasi kursor tersebut.

 

8. Status Bar

Status bar terdapat pada bagian kiri paling bawah jendela MS Word. Fungsi status bar adalah untuk menampilkan informasi secara real time mengenai perintah yang sedang aktif pada dokumen yang sedang dibuka. Informasi tersebut antara lain:

  • Page … of …  : Menunjukkan letak kursor di halaman berapa dari jumlah seluruh halaman.
  • … Words : banyak kata dalam dokumen.
  • English (United States) : Bahasa yang di gunakan untuk mengoreksi pengejaan kata dalam dokumen. Jika kita mengetik Bahasa Indonesia maka kita sebaiknya menggunakna Bahasa Indonesia  untuk pemeriksa ejaannya.

 

9. Page View (Tampilan Halaman)

Disebelah kanan Status Bar terdapat Page view. Page view mengontrol bagaimana dokumen ditampilkan. Print Layout adalah tampilan default page view yang digunakan. Coba Anda klik di jenis page view lainnya dan lihat tampilannya.

Pada toolbar Page View ada 5 macam pilihan tampilan yang dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing mempunyai fungsi tersendiri bagi penggunannya. Berikut lebih jelasnya apa perbedaan dari masing -masing tampilan tersebut:

  • Print Layout : Tampilan print. Ini menampikan seperti apa dokumen apabila dicetak nanti.
  • Read Mode : Ini akan menampilkan dua halaman sekaligus dalam satu layar, seperti sebuah buku.
  • Web Layout : Menapilkan dokumen seperti tampilan pada Web.
  • Slider zoom in & zoom out : Untuk mengatur zoom dokumen.

Kesimpulan

Diatas adalah penjelasan menu-menu yang ada dalam Ms Word 2007. Jika Anda menggunakan versi di atasnya, tidaklah perlu khawatir karena tampilan nya tidak berbeda jauh dengan versi versi di atasnya.

Berita Lainnya

22
06/2022
13
06/2022
16
02/2022
21
12/2021


Tinggalkan Komentar